banner 728x250

Bupati AKJ Hadiri Peringatan 1 Muharram di Masjid Agung Baiturrahman Dompu

  • Bagikan

LENSA POS NTB, DOMPU – Pemerintah Kabupaten Dompu, malam ini Kamis (19/8/2021), menggelar peringatan 1 Muharram 1443 H tahun 2021. Acara yang dihelat di Masjid Raya Baiturrahman Dompu, dihadiri Bupati Dompu, Abdul Kader Jailani (AKJ), Ketua DPRD Kabupaten Dompu, Sekda Kabupaten Dompu, Kepala Kementerian Agama Kabupaten Dompu, Drs H. Syahrir, M.Si, Wakapolres Dompu, Para Pejabat lingkup Pemerintah Kabupaten Dompu, Tokoh Agama, Tokoh masyarakat dan menghadirkan penceramah Ust. Islamudin, S.Pd.I.

 

Dalam sambutannya Bupati Dompu, AKJ, mengajak memaknai momentum 1 Muharram untuk lebih meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Alloh SWT. Momentum 1 Muharram, lanjut AKJ, juga bertujuan mengingatkan kita untuk menjaga keutuhan ummat, cinta kasih dan semangat berkorban terhadap sesama, dalam rangka mewujudkan masyarakat Dompu yang mandiri, sejahtera, unggul, dan religius.

AKJ juga mengingatkan kisah Nabi Ayyub yang di coba dengan Kemiskinan dan penyakit kulit bertahun-tahun, bahkan istri dan anak-anaknya meninggalkan nabi Ayub. Namun Nabi Ayyub tetap sabar, akibat kesabaran Nabi Ayyub, akhirnya disembuhkan oleh Alloh SWT bertepatan tanggal 10 Muharram. Kisah tersebut, mari kita memaknai dan jadikan teladan dalam hidup kita sehari-hari.

Kesabaran Nabi Ayyub mari kita jadikan pedoman, termasuk kita saat ini di coba dengan wabah covid-19, agar tetap sabar. Mari kita jadikan momentum ini semangat merubah diri, jauh lebih baik dari tahun sebelumnya, ungkap AKJ.

Kegiatan tersebut dilanjutkan dengan Tausiah 1 Muharram 1443 H oleh Ust. Islamudin, S.Pd.I, dalam ceramahnya mengajak ummat Islam melalui tahun baru hijriah ini agar umat Islam dapat lebih mencintai budaya nya sendiri yaitu budaya Islam.

Menurutnya, masyarakat saat ini sudah kurang mencintai budayanya sendiri dan sudah beralih menyukai budaya yang tidak Islami. “Kemana pun kita pergi, budaya sendiri itu dibawa, jangan malah memasukkan budaya luar dalam diri kita,” ujarnya.

1 Muharram juga diperingati sebagai pengingat peristiwa penting saat Nabi Muhammad SAW hijrah dari Mekkah ke Madinah yang kemudian melahirkan agama Islam. Setelah Nabi Muhammad SAW hijrah, Islam mengalami perkembangan pesat dan semakin menyebar hingga ke Mekkah dan wilayah sekitarnya. (LP-01)

  • Bagikan