banner 728x250
News  

Cara Mudah Membuat Paspor Online dan Offline

Sumber Gambar: https://id.pinterest.com/pin/8514686786481774/
Sumber Gambar: https://id.pinterest.com/pin/8514686786481774/

Paspor merupakan barang wajib yang harus Anda bawa ketika mengunjungi sebuah negara. Jika Anda tiba di suatu negara, maka akan ada petugas imigrasi yang memeriksa kelengkapan dokumen perjalanan Anda, di mana salah satunya adalah paspor. Oleh karena itu, sangat penting sekali untuk mengetahui cara membuat paspor.

Paspor sendiri ternyata banyak jenisnya, antara lain paspor dinas, paspor diplomasi dan paspor biasa yang umumnya digunakan untuk tujuan liburan ke negara tertentu. Nah, saat ini juga ada yang namanya e-passport, lho.

e-passport atau biasa disebut paspor biometrik dinyatakan memiliki keakuratan data secara lengkap. Sebab termasuk paspor biometrik di mana pemilik paspor harus melengkapinya dengan sidik jari, bentuk wajah pemiliknya yang tersimpan di dalam chip, serta hanya bisa dikenali dengan cara pemindaian sehingga sangat mustahil terjadi pemalsuan.

Selain itu, pembuatan paspor sendiri bisa dilakukan di kantor imigrasi terdekat dari tempat tinggal Anda sembari membawa persyaratan cara membuat paspor secara lengkap.

Untuk itu, penting diketahui cara membuat paspor secara online maupun offline. Pembuatan paspor baik melalui sistem online maupun offline tetap melalui beberapa tahapan. Dimulai dari penginputan data, kemudian melakukan sesi wawancara dan verifikasi di kantor imigrasi terdekat. Selanjutnya yang terakhir, yakni menyelesaikan biaya administrasi yang dilakukan oleh pemohon paspor.

Biaya Pembuatan Paspor

Dalam pembuatan paspor baik yang dilakukan secara online maupun offline tentunya terdapat biaya administrasi yang harus dibayarkan oleh pemohon paspor. Nah, Inilah biaya pembuatan paspor yang perlu Anda ketahui:

  1. Biaya pembuatan paspor biasa 48 halaman Rp300.000,-
  2. Biaya pembuatan paspor elektronis (e-passport) 48 halaman Rp600.000,-
  3. Biaya pembuatan paspor biasa 24 halaman Rp100.000,-
  4. Biaya pembuatan paspor biasa elektronis (e-passport) 24 halaman Rp350.000,- (*saat ini belum tersedia)
  5. Biaya pembuatan paspor biasa 24 halaman pengganti yang hilang yang masih berlaku Rp200.000,-
  6. Biaya pembuatan paspor biasa 24 halaman pengganti yang rusak dan masih berlaku Rp100.000,-
  7. Biaya pembuatan paspor biasa elektronis (e-passport) 24 halaman pengganti yang hilang dan masih berlaku Rp800.000,-
  8. Biaya pembuatan paspor biasa elektronis (e-passport) 24 halaman pengganti yang rusak dan masih berlaku Rp350.000,-
  9. Biaya pembuatan paspor biasa 48 halaman pengganti yang hilang dan masih berlaku Rp600.000,-
  10. Biaya pembuatan paspor biasa 48 halaman pengganti yang rusak dan masih berlaku Rp300.000,-
  11. Biaya pembuatan paspor biasa elektronis (e-passport) 48 halaman pengganti yang hilang dan masih berlaku Rp1.200.000,-
  12. Biaya pembuatan paspor biasa 24 halaman pengganti yang hilang/rusak yang masih berlaku disebabkan karena bencana alam dan awak kapal yang kapalnya tenggelam Rp100.000,-
  13. Biaya pembuatan paspor biasa Elektronis (e-passport) 24 halaman pengganti yang hilang/rusak yang masih berlaku disebabkan karena bencana alam dan awak kapal yang kapalnya tenggelam Rp350.000,-
  14. Biaya pembuatan paspor biasa 48 halaman pengganti yang hilang/rusak yang masih berlaku disebabkan karena bencana alam dan awak kapal yang kapalnya tenggelam Rp300.000,-
  15. Biaya pembuatan paspor biasa Elektronis (e-passport) 48 halaman pengganti yang hilang/rusak yang masih berlaku disebabkan karena bencana alam dan awak kapal yang kapalnya tenggelam Rp600.000,-
  16. Jasa Penggunaan Teknologi Sistem Penerbitan Paspor berbasis Biometrik Rp55.000

Cara membuat paspor online sangatlah mudah. Anda hanya perlu mendaftarkan diri pada Aplikasi Pendaftaran Antrean Paspor Online (apapo) yang bisa diunduh di Play Store. Pada dasarnya, aplikasi ini hanya membantu pembuatan paspor tahap pertama saja, yakni penginputan data. Sehingga, Anda tidak perlu mengunjungi kantor imigrasi untuk input data. Akan tetapi, proses selanjutnya tetap dilakukan secara offline di kantor imigrasi terdekat dari tempat tinggal Anda.

Berikut cara membuat paspor secara online:

  1. Mengunduh aplikasi pendaftaran antrean paspor online (apapo)
  2. Memasukkan email dan nomor telepon, kemudian menunggu konfirmasi melalui email untuk mendapatkan kode akses.
  3. Masukkan kode akses kemudian isilah data diri dengan benar. Jika sudah selanjutnya klik lanjut.
  4. Kemudian pemohon akan diberi pilihan waktu pagi atau siang untuk mengurus tahap lanjutan di kantor imigrasi terdekat.
  5. Cara buat paspor online kemudian dilanjutkan dengan menambahkan jumlah pemohon.
  6. Kemudian pemohon akan menerima file pdf melalui email. Dan kemudian dibawa saat mendatangi kantor imigrasi.

Setelah itu, pemohon diharuskan mengunjungi kantor imigrasi untuk menyelesaikan tahap selanjutnya. Proses online memang hanya menyelesaikan tahap pertama yakni penginputan data, untuk tahap selanjutnya terkait wawancara, verifikasi berkas dan pembayaran administrasi tetap dilakukan secara offline. Setelah itu paspor akan terbit dalam waktu empat sampai satu minggu. Nah, untuk waktu kadaluarsa paspor sendiri minimal berjangka 5 tahun.

Adapun cara membuat paspor offline pada intinya sama seperti penjelasan sebelumnya. Dimana Anda melakukan berbagai tahapan pembuatan paspor di kantor imigrasi terdekat. Nah, untuk itu pastikan Anda mendatangi kantor imigrasi dengan tepat waktu. Hal ini dikarenakan sistem pembuatan paspor secara offline menerapkan sistem kuota setiap harinya. Jadi, apabila Anda datang terlambat dan sudah lebih dari kuota yang telah ditetapkan bisa saja Anda tidak mendapat pelayanan.

Nah, selanjutnya apa saja sih persyaratan untuk membuat paspor? Persyaratan bagi orang dewasa mencakup KTP, kartu keluarga, akta kelahiran atau akta perkawinan, surat kewarganegaraan Indonesia bagi orang asing, dan surat penetapan ganti nama dari pejabat yang berwenang bagi yang telah mengganti nama.

Sedangkan jika persyaratan pembuatan paspor anak di bawah umur mencakup ktp orang tua, kartu keluarga, akta kelahiran, buku nikah kedua orang tua, dan paspor orang tua. Berikut cara membuat paspor secara offline yang perlu Anda ketahui.

Cara membuat paspor offline:

  1. Datanglah ke kantor imigrasi dengan tepat waktu sebelum jam 12:00, hal ini dikarenakan ada pembatasan kuota dimana setiap hari hanya melayani 200 orang
  2. Jangan lupa juga untuk membawa dokumen yang dipersyaratkan
  3. Setelah sampai isilah data diri dengan benar
  4. Setelah itu serahkan formulir ke loket. Hal ini bertujuan untuk mendapatkan jadwal pengambilan sidik jari dan foto
  5. Jika sudah, maka Anda akan melewati tahap wawancara. Wawancara digunakan untuk mensinkronkan data diri yang ada di dokumen dengan formulir yang dituliskan
  6. Tahap akhir, yakni pembayaran biaya administrasi. Nah, Anda tinggal menunggu kurang lebih satu minggu untuk mendapatkan paspor, Anda akan diberi kabar dan dapat mengambilnya di tempat dimana membuat paspor sebelumnya.

Itulah cara membuat paspor secara online maupun offline. Cukup mudah untuk dimengerti, bukan? Bagi Anda yang hanya memiliki sedikit waktu luang maka akan lebih baik jika membuat paspor secara online, setidaknya Anda dapat menghemat waktu dengan mengisi data diri melalui aplikasi. Pengunduhan aplikasi di smartphone tentunya membutuhkan ruang memori yang besar.

Untuk itu, ada baiknya untuk menggunakan hp realme 9i dengan ruang penyimpanan yang besar, yakni berkisar 4GB sampai 6 GB dan didukung memori internal 64GB dan 128GB. Selain itu juga dilengkapi dengan layar yang lebar full hd sehingga tak perlu diragukan lagi soal ketajaman layar dan kualitasnya. Soal baterai juga sangat awet sehingga nggak perlu risau jika Anda gunakan untuk membuat paspor online di manapun dan kapanpun waktunya.

Bingung membeli HP realme yang bagus dan original dimana? Pastinya di Blibli.com, untuk mendapatkan penawaran yang menarik dan harga yang gak bikin kantong kering. Tidak hanya peralatan elektronik saja, Anda juga bisa mendapatkan berbagai kebutuhan sehari-hari yang super lengkap dan berkualitas di Blibli.com. Gak perlu pikir panjang, yukk mulai belanja keperluan Anda di Blibli. Marketplace terpercaya dengan harga terjangkau.