banner 728x250

Gempabumi Tektonik 4,6 SR Guncang Pulau Lombok, Masyarakat Diimbau Tetap Tenang

Mataram, Lensa Pos NTB – Masyarakat Pulau Lombok khususnya Lombok Barat dan sekitarnya, pagi tadi Selasa (25/1/2022) sekira pukul 05.14 wita diguncang gempabumi tektonik berkekuatan 4,6 Scala Richter.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Geofisika Mataram merilis, bahwa gempabumi ini berkekuatan M=4,6. Episenter terletak pada koordinat 8,78° LS; 116,14° BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 10 km Tenggara Lombok Barat, NTB pada kedalaman 10 km.

Menurut Eka Sri Sulistianingsih, selaku PLH. Kepala Stasiun Geofisika Mataram, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas sesar aktif di darat. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukan bahwa gempabumi memiliki mekanisme geser ( _strike-slip_ ).

Lanjutnya, menurut laporan masyarakat, bahwa dampak gempabumi tersebut dirasakan di wilayah Mataram, Lombok Barat, Denpasar, Badung, Karangasem, Padangbai, Gianyar, Lombok Tengah, Lombok Utara, Lombok Timur.

Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut. Hasil pemodelan tsunami dengan sumber gempabumi tektonik menunjukkan bahwa gempabumi ini TIDAK BERPOTENSI TSUNAMI, terangnya.

Diimbau kepada masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenaranya. Disarankan juga agar menghindari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa. Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat gempa, pungkasnya.

Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram/Twitter @infoBMKG), website (http://www.bmkg.go.id atau inatews.bmkg.go.id), atau melalui Mobile Apps (IOS dan Android): wrs-bmkg atau infobmkg. (TIM BMKG)