banner 728x250

Menuju 20 Tahun Kota Bima, Wali Kota HML Raih Digital Innovation Award 2022

Jakarta, Lensa Pos NTB – Prestasi luar biasa kembali ditorehkan Walikota Bima, H. Muhammad Lutfi, SE. menuju usia Kota Bima ke 20 tahun, H. Muhammad Lutfi (HML) meraih penghargaan Digital Innovation Awards merupakan ajang penghargaan tahunan yang digelar MNC Portal Indonesia.

Penghargaan ini diterima langsung oleh Wali Kota Bima H. Muhammad Lutfi, SE di Inews Tower, Jakarta, Kamis malam ini (31/3/2022).

Penghargaan sebagai bentuk ajang apresiasi terhadap pihak-pihak yang sukses menciptakan dan mengembangkan inovasi berbasis digital dan salah satunya adalah Kota Bima. Hadir pula sejumlah kepala daerah dan pimpinan perusahaan yang juga berhasil mendapatkan penghargaan pada ajang bergengsi ini.

Executive Chairman MNC Group Hary Tanoesoedibjo mengungkapkan, sebagai grup media yang berkomitmen dalam mewujudkan kemajuan percepatan transformasi Digital Indonesia, MNC Media, termasuk MNC Portal Indonesia (MPI) terus mendorong berbagai inovasi berbasis digital.

“Untuk itulah, MNC Portal Indonesia menggelar Digital Innovation Award (DIA) 2022. Ajang ini merupakan apresiasi kepada pihak-pihak yang telah berprestasi dan secara konsisten berinovasi demi memberikan kontribusi nyata bagi kemajuan bangsa dan negara, terutama pada masa pandemi Covid-19 ini,” ujar Hary Tanoe.

Dia menambahkan, DIA 2022 sebagai ajang apresiasi kepada instansi, lembaga, perusahaan baik milik pemerintah ataupun swasta yang berbagai kebijakan strategisnya telah mendukung lompatan besar dalam mengembangkan teknologi digital di Tanah Air.

Terdapat lima kategori DIA 2022 yaitu Digital innovation for Creative Industry, Digital Innovation for Public Service, Digital Innovation for Disaster Risk Reduction, Digital Innovation for Product Transformation, dan Digital Innovation for Sustainable Business.

Kota Bima berhasil meraih penghargaan di kategori Digital Innovation for Public Service, di urutan pertama dari 15 Instansi Pemerintah Kabupaten/Kota yang ada di seluruh Indonesia.

Kategori penghargaan yang dicapai ini adalah inovasi penerapan Aplikasi e-lapor Kota Bima dimana melalui aplikasi ini pemerintah Kota Bima bisa memberikan pelayanan public yang prima secara dua arah dan cepat tanggap terhadap aduan/laporan dan aspirasi dari masyarakat Kota Bima terhadap seluruh OPD lingkup Pemerintah Kota Bima.

E-Lapor merupakan aplikasi yang mengajak partisipasi masyarakat untuk melaporkan keluhan dan peduli terhadap lingkungan sekitarnya. Dengan aplikasi ini, warga dapat melaporkan aduan terhadap kondisi lingkungan seperti sampah, banjir, kemacetan, jalan rusak, kebakaran, dan lain-lain. Selain itu, setiap laporan dapat dipantau progressnya untuk memastikan semua keluhan yang disampaikan dan ditindaklanjuti oleh OPD terkait. (TIM)