banner 728x250
News  

HMS Fasilitasi Kegiatan Peningkatan Kapasitas Tenaga dan SDM Dalkarhutla

Bima, Lensa Pos NTB – Sebanyak 30 Peserta yang merupakan anggota Masyarakat Peduli Api (MPA) binaan Balai Taman Nasional Tambora bersama Balai PPIKHL Jabalnusra, mengikuti kegiatan peningkatan kapasitas tenaga dan SDM Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan (Dalkarhutla) yang difasilitasi Anggota Komisi IV DPR RI Fraksi PAN Dapil NTB I Pulau Sumbawa, H. Muhammad Syafrudin, ST, MM.

Kegiatan yang digelar selama 2 hari, tanggal 25 dan 26 April lalu di lokasi yang berbeda, yakni Kantor Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) I Kore dan Kompleks Samctuary Rusa Timor Doro Ncanga Taman Nasional Tambora, mengahadirkan Nara sumber dari Manggala Agni Daops Ketapang Kalimatan Barat. Selain itu, kegiatan tersebut juga dihadiri perwakilan dari Direktorat PKHL Ditjen PPI KLHK (Ir. Purwantio) perwakilan Balai PPIKHL Jabalnusra (Teguh Pramono, SE) dan Perwakilan Balai TN Tambora (Deny Rahadi).

Tujuan dari kegiatan tersebut, adalah memberikan bekal keterampilan/keahlian bagi MPA berupa pembuatan cuka kayu, prospek pemasaran sampai kepada prospek ekonomi yang cukup menjanjikan, sehingga diharapkan menjadi alternatif income bagi anggota MPA selain sebagai volunter dalam pencegahan dan pengendalian kebakaran hutan dan lahan di wilayah kerja Balai TN Tambora

Dalam sambutannya, Rudi Mbojo sapaan akrab bagi H.Muhammad Syafrudin, ST., MM menyampaikan pentingnya peningkatan kapasitas SDM bagi masyarakat sebagai modal utama mengembangkan alternatif income.

Rudi Mbojo juga menyampaikan bahwa Beliau selaku wakil rakyat akan terus berjuang untuk kesejahteraan masyarakat yang ada di dapil beliau.

Wujud komitmen tersebut pada tahun anggaran 2022, beliau bekerjasama dgn Balai TN Tambora akan mengadakan mobil truck tangki air yg bisa dimanfaatkan masyarakat untuk suplay air di musim kemarau selain peruntukannya untuk Dalkarhutla TN. Tambora.

Tidak hanya itu, tahun ini juga masyarakat akan diberikan bantuan berupa 1 unit mobil offroad untuk menunjang pengembangan wisata pendakian di Jalur wisata pendakian piong.

Bantuan mobil offroad tersebut akan diberikan kepada kelompok “Sanggar Offroad” dengan nilai bantuan 125 jt. Bantuan tersebut, akan menjadi stimulus dan akan terus dikembangkan sesuai dinamika perkembangan wisata di TN Tambora, ungkap HMS. (SUKUR)