Profil Singkat Ponpes Sunan Kalimati Taliwang, Tempat Pemondokan Kafilah MTQ Provinsi Asal Kota Bima

Lensa Pos NTB, Sumbawa Barat – Akibat keterbatasan hotel penginapan bagi Para Kafilah MTQ tingkat Provinsi NTB ke 30 yang digelar di Kota Taliwang Kabupaten Sumbawa Barat. Para Kafilah terpaksa mencari penginapan di rumah-rumah warga.

Untuk Kafilah Kota Bima sejak awal telah ditampung di Pondok Pesantren Kalimati Kelurahan Menala Kota Taliwang Kabupaten Sumbawa Barat.

Pondok Pesantren Sunan Kalimati dirintis tahun 2010, oleh Kyai Wahyu Sunan Kalimati yang merupakan Generasi ke 17 dari Sunan Prapen Keturunan Sunan Giri Gresik Jawa Timur.

Saat ini Ponpes Sunan Kalimati memiliki 120 santri, Para Santri yang langsung mondok/boarding school sebanyak 25 orang, Ponpes tersebut juga memiliki RA, SD dan SMP.

Pimpinan Ponpes Sunan Kalimati Kyai Wahyu Sunan Kalimati berkomitmen ingin menjadikan Ponpes Sunan Kalimati menjadi Ponpes yang MANDIRI, bahkan hingga saat ini Ponpes yang berdiri diatas tanah seperempat hektare tersebut, membebaskan biaya untuk para Santri (Gratis).

Sesuai Visi Ponpes Sunan Kalimati, yakni “Nyaman Prana, (sejahtera lahir), Nyaman Ate (sejahtera bathin), Nyaman Lalo (enak matinya/ husnul khotimah). Dan Misi “Menciptakan lingkungan pendidikan Pesantren yang Islami, cakap dan terampil menghadapi perubahan dunia global dengan bertumpu pada prinsip bahwa belajar adalah wajib dan mengajar adalah ibadah untuk meraih cinta dan ridho Allah SWT, Syafaat Rasulullah Muhammad SAW dan syafaat Al Quranul Karim Kalamullah”.

Sebagai seorang PNS yang telah mengabdikan diri selama 30 tahun, Kyai Wahyu Sunan Kalimati sudah mengikrarkan gaji dan hasil usaha yang dikelola berupa Toko ATK dan Mini Market didonasikan untuk Pesantren. (LP.NTB/01)

Pos terkait

banner 468x60