Rutan Kelas II B Raba Bima Terapkan Program One Day One Juz

Lensa Pos NTB, Kota Bima – Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas II B Raba Bima terus intens melaksanakan pembinaan bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP), baik pembinaan kerohanian maupun pembinaan kemandirian.

Hal ini dilakukan dalam rangka mengembangkan diri WBP agar dapat memahami isi kandungan Al Qur’an, disiplin dalam beribadah, dan mempunyai ketrampilan, sehingga ketika WBP selesai menjalani hukuman dapat bangkit kembali dan bisa hidup dengan baik dikalangan masyarakat.

Kepala Rutan Bima melalui Kasubsi Pelayanan Tahanan Dedy Aryadi mengungkapkan, bahwa di Rutan Bima setiap hari tetap melaksanakan kegiatan pembinaan kerohanian dan kemandirian. Antara lain kegiatan pembinaan dasar Iqro’ hingga membaca Al Qur’an.

Dedy juga menjelaskan bahwa di Rutan Kelas II B Raba Bima menerapkan Program One Day One Juz, yakni target membaca 1 juz perhari. Selain itu ceramah agama dan Khutbah rutin dari Kementerian Agama setiap hari Jum’at.

Kegiatan ketrampilan yang diterapkan di Rutan Bima, menurut Dedy, yakni saat ini kegiatan menanam sayur-sayuran untuk dipasarkan di Pasar Raya Bima dan di internal pegawai Rutan, selain itu kegiatan kesenian dan rajutan di blok Wanita juga tetap dilaksanakan secara rutin, alhamdulillah sudah berjalan dengan baik, ungkap Dedy.

Kepala Keamanan Rutan Bima, Lancur Ruktipriangga menambahkan, bahwa saat ini Rutan Bima over kapasitas, dengan jumlah WBP yang banyak mencapai 414 orang, sementata kapasitas hanya 135 orang, tentu ini menjadi kendala di tingkat kenyamanan dan keamanan di Rutan Bima.

Kami berharap, lanjut Lancur, agar Pemerintah Kabupaten Bima dan Kota Bima, bisa membebaskan lahan untuk pembangunan Rutan yang lebih luas dan representatif, ungkapnya. (LP.01)

Pos terkait

banner 468x60