Over Kapasitas, Rutan Bima Pindahkan Warga Binaan ke LP Dompu dan Sumbawa

Lensa Pos NTB, Bima – Guna mengurangi Over Kapasitas di Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Raba Bima, sejumlah Warga Binaan (WB) dipindahkan ke Lembaga Pemasyarakatan (LP) Kelas IIB Dompu dan LP Kelas IIA Sumbawa Besar.

Indra Sukma, SH, MM selaku Kepala Rutan Bima menjelaskan, bahwa pemindahan WB dimaksudkan sebagai langkah yang sulit, namun penting untuk mengurangi over kapasitas di Rutan Bima. “Kami mengambil tindakan juga ini untuk kebaikan bersama, sebagai langkah untuk menjaga serta memelihara keamanan dan kenyamanan warga binaan,” ujar Indra.

Karutan Bima menyebutkan bahwa timnya telah memastikan setiap WB yang dipindahkan telah melalui prosedur administrasi, pemeriksaan barang dan badan WB, serta pemeriksaan kesehatan. Indra Sukma juga menjelaskan untuk tahap pertama kemarin sudah kita pindahkan 27 orang, dan untuk tahap kedua kita juga akan
pindahkan sebanyak 40 orang, dan ini sudah ada ijin dari Kantor wilayah, terangnya.

Karutan Bima menambahkan untuk saat ini total populasi WB yang menghuni di Rutan Bima sebanyak 425 orang, angka tersebut memang masih jauh dari kapasitas ideal Rutan Bima yang hanya bisa dihuni oleh 135 warga binaan.

Indra Sukma juga menjelaskan, bahwa salah satu solusi terbesar untuk menanggulangi over kapasitas Rutan Bima, yakni dengan dibangunnya Lembaga Pemasyarakatan di wilayah
Kabupaten/Kota Bima. untuk itu, dalam waktu dekat ada rencana kami untuk bersilaturrahmi dan menghadap Bupati Bima, untuk pengajuan proposal pembangunan Lembaga Pemasyarakatan. Ada analisa dan pertimbangan sendiri pembangunan Lembaga Pemasyarakatan ini, antara lain dekat dengan Polres/ Brimob dan dekat dengan Rumah Sakit terkait pelayanan kesehatan, terangnya. (TIM LENSA POS NTB)

Pos terkait

banner 468x60